Daerah  

Dinas Pendidikan Bersama Pemda Kabupaten Agam Secara Resmi Louncing Pendidikan Agam CAKAP dan Peluncuran Buku Adat Salingka Nagari

BMC Newss, Agam-Dalam mewujudkan dunia pendidikan yang memiliki ketrampilan, keunggulan, Agamais, Seni, Adat dan Budaya dari segala bidang. dengan ini, dinas pendidikan, kebudayaan dan pemerintah kabupaten Agam secara resmi membuka Louncing pendidikan yang di beri motto Agam CAKAP yang artinya (Cerdas, Aktif, Kreatif, Agamais, serta prilaku sesuai nilai-nilai Adat dan Budaya).

Kegiatan louncing motto pendidikan Agam CAKAP ini secara resmi di buka, tepatnya hari ini kamis, (31/03/22) yang dilaksanakan tepatnya di gelanggang olahraga (Gor) gedung kebanggaan Rang Agam ini.

Tampak hadir dalam kegiatan Louncing Motto Pendidikan Agam CAKAP ini, Bupati Kabupaten Agam Dr. H. Andri Warman MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Drs. H. Edi Busti, M.Si, Asisten II Sekdakab Agam Ir. Jetson, MT, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam Drs. Isra, M.Pd, Ir. Arif Restu kepala dinas lingkungan Hidup kabupaten Agam, Perwakilan kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat yang di wakili oleh kepala sekolah SMAN 2 Lubuk Basung Drs. Nasril, dan seluruh OPD (Organisasi pemerintah daerah), tampak hadir juga ketua pembina APKASI (Asosiasi kepala daerah seluruh indonesia) Lauli Bupati kabupaten Nias, Ketua DPRD Kabupaten Agam Dr. Novi irwan, wali nagari se kabupaten Agam, tampak hadir juga Angku yus datuk parpatih nan sabatang tokoh adat kabupaten Agam, ketua KAN (Kerapatan adat nagari) se kabupaten Agam, LKAM Agam, Tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di kabupaten Agam, Pengawas sekolah, tampak hadir pula mantan kepala dinas pendidikan kabupaten Agam yang sudah purna tugas Drs Fauzir MPd, ikut serta seluruh pencetus dan peneliti pendidikan Agam CAKAP.

Motto pendidikan Agam CAKAP ini merupakan terobosan terbaru dari dunia
pendidikan, terutama dunia pendidikan yang ada di lingkungan pemerintahan kabupaten Agam, sehingga nantinya dinas pendidikan dan kebudayaan bersama pemerintah daerah dapat mewujudkan dunia pendidikan yang memiliki keunggulan dalam segala bidang.

Ada beberapa poin yang menjadi fokus dalam mengimplementasikan Agam CAKAP yaitu menyelesaikan ruang lingkup dari Agam CAKAP serta ukuran yang ingin dicapai, sehingga mendapatkan masukan dari tenaga ahli dan pemangku kepentingan internal dan eksternal, peran masing-masing komponen, proses sosialisasi secara menyeluruh dan bertahap dengan sasaran, kapasitas guru dalam menemukan inovasi pembelajaran dan ruang lingkup dengan juga keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran di rumah.

Selain itu nantinya, pada tahun 2022 ini akan dilakukan uji coba terhadap sekolah-sekolah terseleksi mulai dari jenjang pendidikan TK, SD, SMP, MTS hingga SMA dan MAN. Kemudian akhir tahun 2022 direncanakan akan dilanjutkan dengan evaluasi atau review terhadap implementasi yang dilakukan sebelumnya.

Dalam sambutan nya, Kadis pendidikan kabupaten Agam, Drs. Isra MPd beliau menyampaikan, “Dasar pelaksanaan tentang rencana pembangunan daerah, penting nya motto pendidikan Agam CAKAP dalam memotifasi dan penujang pendidikan, lebih dari 1000 orang guru yang hadir dalam mengikuti kegiatan motto pendidikan Agam CAKAP saat ini, selain itu kami juga melaksanakan peluncuran “Buku Adat Salingka Nagari”, terakhir juga memberikan motifasi dan penghargaan kepada anak-anak kita kabupaten Agam dalam lomba cerdas baca Al-gur’an tingkat provinsi Sumatera Barat, juara pertama didapat kan dari kabupten Agam, Imbuhnya.

Disela acara Louncing Motto pendidikan Agam CAKAP tersebut, tak luput Bupati Kabupaten Agam, Dr. H. Andri Warman MM, menyampaikan, “Dalam kesempatan ini, saya merasa bangga, banyak putra-putri kita kabupten Agam yang menjadi tokoh-tokoh di tingkat, provinsi maupun di pemerintahan pusat”, imbuhnya.

Lebih lanjut disampikannya, Program kita hari ini adalah louncing Agam CAKAP, kedepan saya berharap putra-putri kabupaten Agam bisa menjadi tokoh-tokoh di tingkat provinsi maupun secara pemerintahan pusat, untuk itu kita sedang berkonsentrasi dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan bidang Agam, dan adat istiadat dan budaya dan juga meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan akan louncing kampung inggris, selain itu kami juga memeberikan beasiswa-beasiswa terhadap anak-anak didik yang di terima di perguruan tinggi negri, dan juga kepada perangkat nagari kita juga melakukan kegiatan pendidikan dan sudah kerja sama langsung dengan Universitas Indonesia (UI). dengan launcing Motto Agam CAKAP hari ini, saya berharap secara pendidikan dikabupaten Agam bisa lebih meningkat dan mutu pendidikan lebih di utamakan, Tutupnya. (Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *