Daerah  

SMAN 3 Lubuk Basung Konsisten Siapkan Program Unggulan

BMC Newss, Agam-SMAN 3 Lubuk Basung terus berupaya maksimal dalam berbagai hal untuk meningkatkan mutu lulusan dan pelayanan terhadap peserta didik, berbagai program dilaksankan secara bertahap sesuai kemampuan dan daya dukung sekolah, semua program itu selalu mengacu pada 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang telah ditentukan oleh regulasi yg ditetapkan pemerintah.

Berbagai program unggulan kami siapkan sebagai terukur dan terencana melibatkan semua stakeholder yang terkait, pihak dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat, Cabang dinas wilayah 1 (Kota Padang Panjang, kota Bukittinggi dan kabupaten Agam), Komite sekolah, alumni, ninik mamak pemuka masyarakat nagari Manggopoh, pihak pemerintah nagari, Kecamatan dan Pemerintah daerah Agam, tokoh perantau, dinas instansi terkait dilingkungan pemeritah daerah Agam, polres agam dan TNI, semua menjadi mitra strategis bagi pengembangan dan peningkatan mutu sekolah, jelas Hilda Sridewita, SE, M.Pd.E selaku Kepala SMA N 3 Lubuk Basung.

Program unggulan mencakup Akademik dan Non akademi (intrakurikuler dan Ekstra kurikuler).
Bidang akademik antara lain, meliputi pembinaan OSN, pembinaan masuk perguruan tinggi/TNI/Polri, Pembinaan lomba lomba sains, dan belajar tambahan peningkatan mutu lulusan.

Bidang lain nya seperti O2SN (Olimpiade Olah raga dan Seni), FLS2N dan lomba seni lainya yg diselenggarakan oleh berbagai instansi,
Ekskul yang kita sediakan bagi penyaluran bakat minat siswa sangat beragam sesuai pilihan siswa dan ketersediaan sumber daya pendukung.

Tahun ini kita program kan: Ekskul Pramuka Wajib, Tahfizh Al-Qur’an, Seni dan Tari, Futsal, PMR, PKS (Patroli Keamanan Sekolah kerjasama dg Polres Agam), PMI, PASKIBRA, KORSIK, PBB, SENI BELADIRI PENCAK SILAT, KARATE, ATLETIK, BULU TANGKIS, RENANG, TENIS MEJA, WARTAWAN KAMPUS, MADING, MULTIMEDIA (TIK KOM), English Club (Kampus Inggris), debat Bahasa Inggris.

Semua program itu kita siapkan secara sungguh sungguh, dan Alhamdulillah sangat disambut antusias oleh siswa SMA N 3 Lubuk Basung, dan pihak komite sekolah juga sangat mendukung baik berupa materil maupun moril sepanjang sesuai dengan ketentuan yg berlaku.

Alhamdulillah, dalam 3 tahun terakhir ini, selalu terjadi peningkatan terhadap siswa kelas XII yg lulus diterima di berbagai perguruan Tinggi Negeri di Sumatera dan Jawa, 91 orang tahun ini dengan “Akreditasi A” yang kita miliki dari hasil penilaian BAN SP maka kuota siswa yang diterima di PTN adalah 40% dan Alhamdulillah terjadi peningkatan yang signifikan lulus di PTN  yaitu 31 orang dari 81 orang siswa kelas XII TP. 2022/2023, dari jatah yg diberikan sebanyak 40% dari 81 orang siswa kelas XII.

Hal ini tentu tak lepas dari kerja keras seluruh guru dan pegawai, dukungan komite sekolah dan orang tua siswa, support dari berbagai pihak baik ekskutif maupun legislatif (anggota DPRD Kabupaten dan Provinsi) .

Alumni sangat mensupport pada yuniornyo untuk terus menggelorakan semangat belajar adik adiknya. Kami sangat bangga dan sangat bersyukur bahwa semua elemen masyarakat khususnya di Nagari Manggopoh, termasuk perantauan memberikan dukungan penuh untuk kemajuan SMAN 3 Lubuk Basung.

“Kemitraan Strategis ini menjadi pilar utama bagi kemajuan sekolah kita ini”, dibidang sapras saat ini kita menyiapkan Perpustakaan digital, pembelajaran berbasis multimedia dan penilaian berbasis aplikasi.

Memang butuh kerja keras dan dukungan dana yg cukup besar, tapi kami yakin bahwa semua itu bisa kita wujudkan melalui sinergi program sekolah dengan komite, lembaga non pemerintah dan masyarakat.

Program program ekskul akan melibatkan OSIS secara penuh dalam merancang kegiatan dalam rangka peningkatan mutu lulusan

Sempat berbincang dengan pengurus OSIS, Hera Pratiwi (Ketua OSIS), M. Azzam Algifari (Wakil Ketua), Asril Sumbara Tanjung (Ketua MPK) dan Rahmat Fajri (Wakil Ketua MPK) SMA.N 3 Lubuk Basung

Sempat berbincang dengan pengurus OSIS, Hera Pratiwi (Ketua OSIS), M. Azzam Algifari (Wakil Ketua), Asril Sumbara Tanjung (Ketua MPK) dan Rahmat Fajri (Wakil Ketua MPK) SMA.N 3 Lubuk Basung

Tahun Ajaran 2023/2024 SMAN 3 LUBUK BASUNG secara resmi sudah menggunakan “Kurikulum Merdeka” untuk siswa Kelas X (Fase E).
Berbagai persiapan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sudah kami persiapkan dengan matang,mulai dari kompetensi gurunya, Program Intrakurikuler dan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila  (P5).

Struktur Kurikulum dan Proyek P5 sudah kita siapkan, jelas Wakil Kurikulum Rahman, S.Pd didampingi Suherman, S.Pd sebagai Wakil Kesiswaan serta M.Rumzi S.Pd sebagai kepala perpustakaan sekolah yang nanti menfasilitasi siswa dengan perpustakaan digital sekolah.

Mira Eka Marsusi, SPd, Guru yang juga hadir disekolah, sebagai Guru BK juga sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait  program layanan BK serta asessmen awal non akademik separti  penentuan “Gaya Belajar Siswa” dan kesiapan awal terkait Kemampuan awal siswa bidang akademik.

Saat ini juga terjadi peningkatan jumlah siswa baru yang masuk ke sekolah kita ini dibanding tahun sebelumnya.

Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat semakin tinggi untuk menyekolahkan putra putrinya ke SMAN 3 Lubuk Basung.

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami semua guru dan pegawai untk memastikan bahwa pelayanan terhadap siswa dalam pembelajaran harus betul betul terkelola secara profesional dan berkeadilan untuk semua tanpa membedakan latar belakang ekonomi, sosial, agama dan daerah asal.
Semua kita layani secara adil dan penuh tangguang jawab, jelas Hilda Sridewita, SE, M.Pd.E yang sehari hari sering dipanggil warga sekolah dengan sebutan buk Hilda.

Semua yang telah kita persiapkan, tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan memutihkan kolaborasi yang positif demi mewujudkan cita cita mulia ini.

Terkait program MPLS yang dilaksanakan selama 3 hari, pihak sekolah bersama pengurus OSIS dan Guru pembina tampak antusias mempersiapkan program kegiatan.

Hal ini terlihat saat mengunjungi Ruang Serbaguna Siti Manggopoh di SMA 3 Lubuk Basung, dimana siswa berkumpul dan saling berdiskusi terkait MPLS .
Ketua OSIS Hera Pratiwi bersama jajarannya tampak antusias, Insyaallah seluruh komponen di SMA N  3 Lubuk Basung bersatu padu dalam rangka menyukseskan program sekolah yang telah kita rancang secara matang bersama sama.

Sarana pendukung penunjang IKM dan Pembelajaran kita optimalkan pemanfaatannya seperti, Ruang Belajar yang baik dan nyaman , Labor Komputer, Labor Kimia, Labor Fisika, Labor Biologi dan Labor Komputer saat ini sudah siap untuk mendukung Proses PBM dengan baik.

Kualifikasi guru cukup mumpuni yg akan menjadi motor penggerak terwujudkan PBM yang berkualitas. Kualifikasi guru S2, dan S1 yang berjumlah 32 orang diyakini mampu menjadikan SMAN 3 Lubuk Basung sebagai sekolah yang unggul dimasa yang akan datang, imbuh Komite sekolah yang diwakili Sekretaris Komite Syafwardi, dan ketua komite Abdulrahmanto, S.Pt, bersama pengurus komite lainnya.

“Siswa kurang mampu juga sangat kita perhatikan dan mendapat prioritas utama pengusualan beasiswa dan PIP, ini adalah komitmen semua warga sekolah dalam upaya mewujudkan pendidikan untuk semua disekolah kita ini”, ucapnya. (Humas/Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *