Daerah  

MPLS SMAN 3 Lubuk Basung, Media Wujudkan Siswa Berkarakter

BMC Newss, Agam-Masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) SMAN 3 Lubuk Basung sedang berlangsung selama tiga hari, di tengah-tengah lingkungan sekolah tepatnya pada hari ini Rabu (12/7/23).

Kali ini MPLS di tengah-tengah siswa SMAN 3 Lubuk Basung secara langsung melibatkan peran serta nara sumber dari pihak jajaran polres kabupaten Agam dalam menyampaikan materi taat hukum, tertib berlalu lintas, anti narkoba dan bullying.

MPLS ini sendiri mengacu kepada surat keputusan (SK) Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Barat, nomor : 420.02/3304/PSMA-2023 yang bertujuan untuk, (1).Mengenali potensi siswa baru, (2).Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, (3).Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif, sebagai siswa baru, (4).Mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah lainnya, (5). Menumbuhkan prilaku positif antara siswa antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, hidup bersih dan sehat, untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Ketika di konfirmasi kepala sekolah SMAN 3 Lubuk Basung yang didampingi langsung oleh wakakurikulum (Humas) dan Wakil kesiswaan sebagai ketua pelaksanaan MPLS tahun ajaran 2023-2024, Hilda Sridewita, S.E, M.P.dE Rabu (12/7/23) menyampikan, Bahwa kegiatan MPLS ini kita laksanakan mengacu kepada surat kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat, disamping itu kegiatan ini merupakan media untuk menumbuhkan motivasi dan menumbuhkan prilaku positif dalam rangka mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, gotong royong, sikap saling menghargai, kejujuran, kemandirian, serta prilaku positif lainnya, bahkan pada masa pra MPLS minggu 9 juli 2023 pihak sekolah juga mengundang alumni yang saat ini menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi negri maupun swasta yang ternama, untuk ikut memberikan motivasi, semangat, dan cara belajar epektif kepada peserta didik baru, ini trend positif yang akan terus kita kembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan SMAN 3 Lubuk Basung ini, ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, para alumni pada saat memberikan motivasi tersebut mengungkapkan “asal berprestasi berbagai perguruan tinggi akan menanti, dan memberikan beasiswa”, hal ini di ungkapkan langsung oleh para alumni disaat MPLS berlangsung, materi-materi khusus yang diberikan selama MPLS, diantaranya adalah, pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, kegiatan kesiswaan baik intra maupun ekstra kurikuler, cara belajar epektif, pengenalan budaya lokal, serta sadar hukum, dalam kegiatan MPLS ini kita menciptakan suasana yang ramah, santun, berkarakter dan melarang kegiatan yang bersipat perpeloncoan, tindak kekerasan dan bulliying, karena sesuai dengan brending sekolah kita sekolah ramah anak dan berkarakter dengan motto prestasi, Yes, disiplin Oke, berkarakter pasti, apalagi saat ini untuk siswa baru kelas X (Fase E), kita sudah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka, disamping kegiatan intra, sesuai dengan kurikulum sekolah kita melaksanakan kegiatan P5 (Projek. Penguatan, profil, pelajar, Pancasil) mengambil lima tema, (1). Gaya hidup berkelanjutan, (2). Kearifan lokal, (3). Bangunlah jiwa raganya, (4)Suara demokrasi dan (5). Kewirausahaan, dan untuk Fase E kita memilih tiga tema keraifan lokal bangunlah jiwa dan raga serta suara demokrasi, sementara dua tema lainnya, dilaksnakan pada Fase F (saat siswa X sudah berada di kelas Xl, Xll), imbuhnya.

Disisi lain, jajaran kapolres Agam, perwakilan kasat Binmas, Ipda. Yuliati di tengah-tengah kegiatan MPLS di SMAN 3 Lubuk Basung, beliau menyampaikan, dalam waktu dekat ini kami akan membentuk polsis di SMAN 3 Lubuk Basung ini, selain itu nanti anak-anak yang ada di SMAN 3 Lubuk Basung ini akan di berikan arahan langsung terhadap materi taat hukum, tertib berlalu lintas, anti narkoba dan bullying, tutupnya. (HARI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *