Daerah  

Kegiatan LDK SMAN 1 Tanjung Raya Mengusung Tema 3T, Tertib Ibadah, Tertib Belajar, Dan Tertib Berorganisasi

BMC Newss, Agam-kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK) yang sedang berlangsung di tengah warga sekolah kelas X dan kelas Xl SMAN 1 Tanjung Raya, tepatnya pada hari ini jum’at (17/3/23)-sabtu (18/3/23) di mushola lingkungan sekolah SMAN 1 Tanjung Raya, yang bertemakan 3T, “Tertib Ibadah, Tertib Belajar, dan Tertib Berorganisasi”.

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) adalah salah satu kegiatan sekolah yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi siswa untuk mengekspresikan sekaligus menggali potensi yang ada dalam dirinya.

Latihan dasar kepemimpinan adalah memberikan bekal kognitif, afektif, dan psikomotorik bagi siswa. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa dapat menguasai teori kepemimpinan dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

LDK diadakan oleh sekolah dengan bantuan anggota OSIS. Ada banyak manfaat yang bisa diraih, (1). Melatih siswa agar bisa menjalin hubungan kerja sama dengan orang lain, (2). Siswa memiliki keterampilan dan pemahaman tentang organisasi, (3). Siswa lebih berani tampil di depan umum, (4). Melatih kemampuan siswa untuk memimpin sebuah kelompok atau grup, (5). Membantu siswa lebih berani menyuarakan aspirasinya, (6). Mencetak siswa yang memiliki daya intelektual, kreativitas dan nalar yang tinggi, (7). Siswa mendapatkan pengalaman dalam bidang pengorganisasian.

Ketika di temui pembina osis dan PMK SMAN 1 Tanjung Raya, Junaidi menyampikan disela kegiatannya, karena mereka ini baru dilantik tentunya mereka butuh pembinaan di sisi organisasi osis ini, apa lagi mereka ini adalah keterwakilan dari teman-temannya bahkan terwakilan dari kelasnya, sehingga mereka itu harus mampu dan bisa dalam memimpin rekan-rekannya ataupun adek-adek kelasnya, kesatu arahan yang baik dalam organisasi osis nantinya, imbuhnya.

Di sisi lain ketika di temui salah seorang direktur Lembaga talenta tunas muda (TTM) Ilham syahmi, S.Pdi, disela kegiatan pelatihan LDK terhadap siswa dan siswi SMAN 1 Tanjung Raya beliau menyampaikan, dengan di adakan nya kegitan LDK di SMAN 1 Tanjung Raya ini sesuai dengan kesepakatan sekolah untuk mengangkat sebuah tema yaitu 3T diantaranya,”Tertib belajar, Tertib berorganisasi, dan Tertib beribadah”, dimana nanti siswa-siswi yang kita latih ini mempunyai dan mematuhi aturan-aturan terutama aturan di sekolah, tentang beribadah, belajar dan berorganisasinya bagaimana, jadi tidak hanya berat sebelah, intinya bukan hanya hebat berorganisasi tapi harus hebat juga belajar dan hebat beribadah, itulah kunci kesuksesan dalam berorganisasi, ucapnya.

Ditempat terpisah ketika ditemui kepala sekolah SMAN 1 Tanjung Raya, Zulkifli, S.Pd, M.Pd, Jum’at (17/3/23) diruang kerjanya beliau menyampaikan, “sesuai dengan tujuan LDK ini diadakan, untuk memberikan bekal atau modal tentang kepemimpinan kepada para peserta, disini peserta yang hadir adalah pengurus osis dan majelis perwakilan kelas dengan mendatangkan nara sumber dari luar kami mengharapkan tujuan bisa tercapai, contohnya bahaimana kepemimpinan seorang pelajar terhadap organisasi Osis di sekolah, saya juga sudah berpesan kepada peserta bahwasahnya, kepemimpinan itu bukan didapat dalam organisasi saja tetapi lewat literasi membaca, kalau bisa terapkan lah membaca rutin, karena dengan kita sering membaca akan menambah ilmu dan mengasah kemapuan kita, imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikannya, tujuan LDK ini diadakan disekolah tentunya untuk membekali siswa kita, bagaimana dia bisa menjadi seorang pemimpin di organisasi siswa intra sekolah (osis), selain itu juga bisa membentuk siswa dan siswi semakin percaya diri dengan berorganisasi, sehingga kegiatan ini nantinya bisa di tampilkan dalam kegiatan pesantren romadahan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini dan wajib ikut kegiatan di mesjid-mesjid dalam mengisi acara pesantern romadhan nantinya, tutupnya. (HARI)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *