Daerah  

Hasil Kesepakatan, Pasukan Koalisi AS akan Ditempatkan Di Luar Irak

Komando Operasi Gabungan Irak mengumumkan bahwa pasukan koalisi internasional anti-Daesh pimpinan Amerika Serikat akan ditempatkan di luar wilayah Irak.

Kesepakatan itu dicapai setelah perwakilan militer AS dan Irak melakukan pertemuan teknis pertama mereka di Baghdad pada Sabtu (5/6/2021), seperti dikutip media media Irak, al-Sabaah.

Wakil Komando Operasi Gabungan Irak, Letnan Jenderal Abdul-Amir al-Shammari bertemu dengan Letnan Jenderal AS Paul Calvert, dalam kerangka pembicaraan teknis-keamanan, yang dicapai dalam dialog strategis Baghdad-Washington pada April lalu.

Letjen al-Shammari mengatakan, Baghdad telah memberitahu Washington bahwa Irak tidak membutuhkan lagi pasukan AS di wilayahnya dan pasukan tempur koalisi internasional akan ditempatkan di pangkalan di beberapa negara tetangga.

Dia menjelaskan, pertemuan itu juga mengevaluasi kondisi kelompok teroris Daesh dan penyebaran anggota mereka serta masalah pengembangan dan peningkatan kemampuan pasukan Irak.

April lalu, AS setuju untuk memindahkan pasukan tempurnya yang tersisa dari Irak. Pembicaraan teknis ini untuk membahas rencana penarikan, termasuk batas waktu. Saat ini ada sekitar 2.500 tentara Amerika di Irak.

Parlemen Irak menyetujui sebuah resolusi mengenai penarikan pasukan AS pada 5 Januari, dan sekitar satu juta warga Irak melakukan protes pada akhir Januari 2020 untuk menuntut penarikan pasukan AS dari negaranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *