Daerah  

Gladi ANBK SMAN 3 Lubuk Basung Berlangsung Sukses

BMC Newss, Agam-Kegiatan Gladi ANBK (Asesment Nasional Berbasis Komputer) SMAN 3 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, berlangsung selama 2 hari yang dimulai pada hari Senin (21/08/23) dan hari ini adalah hari kedua pelaksanaannya, tepatnya Selasa (22/8/23).

Gladi bersih ANBK di tengah-tengah warga sekolah SMAN 3 Lubuk Basung ini bertujuan agar dalam pelaksanaan ANBK yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal, mengingat ANBK tentunya didukung dengan kapasitas jaringan internet dan listrik yang sangat memadai, dengan sistem moda semidaring.

Gladi ANBK yang sedang berlangsung saat ini juga dihadiri langsung oleh Tim Monitoring dari BBPMP (Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan) provinsi Sumatera Barat.

Rangkaian Kegiatan Asessmen Nasional ini telah diawali dengan kegiatan Simulasi pada minggu pertama Agustus, singkronisasi dan Gladi bersih serta Pelaksanaan ANBK yang dijadwalkan pada Minggu ke 4 Agustus 2023, mulai tanggal 28 – 31 Agustus 2023.

Kepala SMAN 3 Lubuk Basung Hilda Sridewita, SE, M.Pd.E didampingi Wakil Kurikulum Rahman,SPd dan Wakil Kesiswaan Suherman, S.Pd, menjelaskan bahwa kami pihak sekolah mempersiapkan dengan sungguh-sungguh mulai dari tahapan persiapan sampai pelaksanaan ANBK sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kemdikbudristekdikti.

“Alhamdulillah semua tahapan persiapan berjalan dengan baik dan lancar, hingga Gladi ANBK hari ini dan Senin kemarin,” ungkapnya.

Jumlah peserta ANBK SMAN 3 Lubuk Basung adalah 50 orang siswa kelas XI yang diambil secara acak oleh kementrian, kita menerima nama siswa yang sudah ditetapkan berdasarkan data Dapodik.
ANBK meliputi 3 instrumen, AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang mengukur Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi) murid.

Survey Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid, serta Sulingjar (Survei Lingkungan Belajar) yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar dikelas maupun ditingkat satuan pendidikan.

Lebih jauh Hilda Sridewita, SE, M.Pd.E menjelaskan, “ANBK merupakan Program Evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran disatuan pendidikan.

Nanti hasil ABNK akan menjadi cermin atau landasan untuk melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan disekolah, yang ditampilkan dalam bentuk Rapor Pendidikan.

“Jadi hasil ABNK akan tampil dalam bentuk Rapor Pendidikan yang menggambarkan 6 pilar utama yang mencakup hasil belajar murid, proses belajar mengajar, dan cara pengelolaan sekolah. Keenam pilar itu adalah: Kemampuan Literasi Murid, Kemampuan Numerasi Murid, Kondisi Kebinekaan Sekolah, Karakter Murid, Kualitas Pembelajaran , dan Kondisi Keamanan Sekolah, “ujarnya.

“Alhamdulillah, Pelaksanaan Gladi ANBK yang telah berlangsung 2 hari ini di SMA Negeri 3 Lubuk Basung berlangsung tertib, aman dan lancar, “tambah Suherman, SPd dan Rahman, SPd, selaku Panitia ABNK tahun ini, (HARI/ Humas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *