Festival Beatrix Balumbo Biduk 2024 Resmi Dibuka

Makalamnews.com, Sarolangun Festival Beatrix Balumbo Biduk sudah menajdi agenda tahunan dikabupaten sarolangun dalam memeriahkan hari raya idul fitri tak terkecuali ditahun 1445 Hijriyah saat ini.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri membuka secara resmi kegiatan tersebut bertempat di kawasan ancol Sarolangun, Rabu(24/4).

Busra Desman Selaku Ketua panitia mengatakan, selain untuk memeriahkan idul fitri, kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat Sarolangun.

“Balumbo Biduk ini dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 24-25 April 2024 dengan diikuti peserta sebanyak 33 Tim dayung terdiri dari 18 tim dayung type A dan 15 tim dayung type B,” Katanya

Diantaranya Tim dayung Sakti Alam Barajo dari Desa Bernai, Lestari Naga Sakti dari Desa Ladang Panjang, Cucung Datuk dari Desa Rantau Tenang, Harimau Kumbang dari Desa Teluk Mancur, Putra Gunung Kembang Dusun Tanjung Rambai sebanyak 4 tim, Putra Dewa Sakti dari Dusun Pulau Pinang, Fajar Junior dari Dusun Muara Indung, Burung Dendang Abadi dari Dusun Kampung Tengah, Putra Pak Linggam dari Dusun Ujung Tanjung dan Buaya Merak dari Dusun Baru.

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengajak masyarakat Sarolangun untuk menjaga tradisi akbar yang sudah ada sejak tahun 1950 ini agar tetap dijaga sersama – sama.

”Saya berharap Bupati Sarolangun yang akan datang terus dilanjutkan karena tradisi ada manfaatnya. Saya juga mendapatkan informasi bahwa tradisi pacu perahu ini sudah mengakar di tengah masyarakat Sarolangun sejak ratusan tahun yang lalu karena aktivitas masyarakat menggunakan perahu di sungai Batang Tembesi,” katanya.

Bachril Bakri juga mengatakan, kedepan Pemerintah Kabupaten Sarolangun akan membangun tugu biduk di kawasan Ancol Sarolangun dalam rangka pengembangan wisata kuliner di sepanjang Ancol Sarolangun.

”Saya berharap dengan kegiatan ini juga berdampak terhadap perkembangan ekonomi , mengembangkan usaha UMKM masyarakat, menambah kerumunan dan kebersamaan kita, dan juga sebagai tempat ajang silaturrahmi bagi masyarakat Sarolangun,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga memukul gong sebagai tanda dibukanya festival Beatrix Balumbo Biduk serta melepas secara langsung pacu perahu tradisional yang berlangsung di sungai Batang Tembesi yang berlangsung dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *