Daerah  

Bertransformasi Menjadi Universitas, Syafrial Anas Resmi Dilantik Rektor UMMUBA 2022-2026

Bmcmewss.com,Bungo-Sekolah Tinggi  Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo (STKIP-MB) resmi bertransformasi menjadi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo (UMMUBA).

Hal tersebut ditandai dengan digelarnya grand lauching UMMUBA pada hari Minggu kemarin, dan dilantiknya Rektor Universitas Muhammadiyah Muara Bungo (UMMUBA)  Periode 2022-2026 Syafrial Anas ,SE,MM, SH, secara langsung oleh Pimpinan Muhammadiyah Pusat Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si yang diwakili Majelis Diktilitbang Dr.Muhammad Samsudin, S.Ag., M.Pd.

Selain melantik Rektor, Samsudin juga melantik wakil Rektor 1 Renda Lestari, S. Pd., M.ed dan Puput Wahyu Hidayat, S. Pd.,M.Pd sebagai Wakil Rektor II dan pejabat struktural (UMMUBA) di Ballroom Hotel Amaris Bungo,provinsi Jambi, Senin (01/08/22).

Sambutan Wabup Bungo H. Syafrudin Dwi Aprianto,S.Pd,

Dalam pelantikan tersebut hadir langsung Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd, Wakil Ketua II DPRD Bungo Martunis,A.Md, Anggota DPRD Bungo Andri” Sanusi, dan semua Rektor perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Bungo.

Usai pelantikan wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat kepada Rektor dan wakil Rektor yang baru saja dilantik. diharapkan menjadi momentum untuk kemajuan UMMUBA yang lebih maju dan berkembang kedepannya.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Rektor, wakil Rektor UMMUBA, akan membawa perubahan ke arah yang lebih maju.Keberada’an UMMUBA tentu menjadi kabar yang menggembirakan untuk masyarakat Bungo. Hal ini terlihat dari banyaknya calon-calon mahasiswa yang mendaftar pada program study yang ada di UMMUBA. Ini membuktikan bahwa pendidikan tinggi sudah menjadi kebutuhan
bagi masyarakat Kabupaten Bungo”ungkap wabup Bungo.

Selain itu, wabup Bungo menyebutkan terpilihnya Syafrial Anas ,SE,MM, SH, sebagai Rektor berdasarkan pengalaman yang dimiliki, dibawah komando Rektor Syafrial Anas, diharapkan UMMUBA akan terus mencetak SDM yang unggul dan berkualitas, serta berdampak baik pada pembangunan kabupaten Bungo.

Sementara itu Rektor UMMUBA SYAFRIAL ANAS, S.E., M.M. dalam sambutanya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mengawal UMMUBA selama lima tahun kedepan dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan UMMUBA kedepannya.

“Butuh waktu empat bulan transformasi dari Perguruan Tinggi Menjadi Universitas, dengan lahirnya UMMUBA kita dapat bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda) dan semakin dipercaya oleh masyarakat, sehingga UMMUBA dapat mempertanggungjawabkan kepercaya’an tersebut dengan selalu menekankan kualitas,  sehingga mahasiswa/i yang dididik  menjadi lulusan UMMUBA yang berkarakter, multitalenta dan memiliki soft skill yang dapat diandalkan”terang Rektor UMMUBA.

Untuk itu tambahnya Rektor Anas bersama wakil Rektor sudah menyusun program-program kerja, untuk selalu melibatkan mahasiswa dengan berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Diantaranya program MBKM pertukaran mahasiswa nasional, pertukaran mahasiswa internasional, KKN nasional, dan KKN internasional. KKN nasional sudah di laksanakan di Makassar, sementara Internasional di negara Malaysia. Hal ini bertujuan agar UMMUBA bisa melahirkan generasi- generasi muda yang multitalenta, berkarakter islami, berdaya saing serta memiliki soft skill yang dapat diandalkan, yang mana tidak hanya mendapatkan gelar sarjana tetapi juga memiliki keterampilan,” ucapnya lagi.

Setelah berubah status kini UMMUBA memiliki dua Fakultas  yakni :
1. Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) terdiri 5 prodi.
– Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
– Pendidikan Teknolohi Informasi (PTI)
– Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan  Rekreasi (PJKR)
– Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
– Pendidikan Vokasi dan Seni Kuliner (PVSK).
2. Fakultas Teknologi, Kesehatan dan Sains (FTEKS) terdiri 4 prodi.
– Informatika Medis (MI)
– Teknogi Informasi (TI)
– Adm. Kesehatan (AK)
– Bisnis Digital (BD).

Sebelumnya STKIP-MB hanya ada 5 prodi dan setelah bertransformasi UMMUBA memiliki 9 prodi unggulan,5 prodi di fakultas FKIP dan 4 prodi difakuktas FTEKS.

“Semua program studi (prodi) difakultas FKIP sudah terakreditasi B, sementara prodi yang baru di fakultas (FTEKS) tidak bisa langsung dapat prodi B, karna masih baru butuh waktu dua tahun untuk mengajukannya. Tentu kita menyiapkan diri selama dua tahun, dengan segala dokumennya, sehingga kita dapat mengusulkan prodi (B) di fakultas FTEKS”tutur Anas.

Setelah dilantik, Rektor UMMUBA Syafrial Anas, S.E.,MM mengukuhkan Pejabat Struktural Universitas Muhammadiyah Muara Bungo.(BNewss/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *