Daerah  

Wabup Apri Bersyukur Pemkab Bungo Raih Terbaik 1 Paritrana Award BPJamsostek Tingkat Provinsi Jambi

Makalamnews.com, BUNGO – Pemerintah kabupaten Bungo meraih penghargaan terbaik 1 Paritrana Award Provinsi Jambi 2024. Penghargaan diterima oleh wakil Bupati Bungo, H Safrudin Dwi Apriyanto, dari Gubernur Provinsi Jambi, Al Haris bersama Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Muhyidin, Senin (10/6/2024).

Penghargaan Paritrana yang diterima kategori Kabupaten/Kota, sedangkan Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi masing-masing terbaik dua dan ketiga. Pada sektor usaha. Kategori usaha kecil mikro diraih Bobby Racing Shop, kategori pemerintah desa/kelurahan diraih Desa Arang-arang, Kumpeh Hulu, Muaro Jambi.

Kategori usaha pendidikan diraih Yayasan Pendidikan Unggul Sakti, kategori usaha pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan diraih Jamika Raya. Kategori usaha pertambangan, manufaktur dan konstruksi diraih Lontar Papyrus and Paper Inds. Kategori usaha perdagangan dan jasa diraih Sumber Alfaria Trijaya. Kategori usaha keuangan diraih Bank 9 Jambi.

Gubernur Jambi, Al Haris dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan data laporan BPJS Ketenagakerjaan sampai bulan September 2024 telah disalurkan manfaat BKBK sebesar Rp 7.699.476 Miliar kepada Masyarakat Miskin Ekstrim (MME) di Provinsi Jambi.

Dengan jumlah anggaran tersebut ada 117 ribu masyarakat miskin atau tidak mampu mendapatkan bantuan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan melalui APBD Provinsi Jambi. Pentingnya perlindungan bagi pekerja rentan dan Pemprov Jambi hadir di tengah masyarakat, melindungi dari resiko yang jika sewaktu-waktu menimpa pekerja itu.

” Santunan bisa memberikan penghidupan bagi mereka. Anaknya masih bisa kuliah, lalu mereka juga bisa hidup, buka usaha dan sebagainya. Ini saya kira sangat penting, dimana negara sudah hadir untuk keberlangsungan hidup mereka,” kata Al Haris.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel Muhyidin, mengapresiasi pencapaian perlindungan tenaga kerja di Provinsi Jambi. Hingga saat ini, sebanyak 568.373 tenaga kerja di Provinsi Jambi telah terlindungi, mencakup 43,31% dari total tenaga kerja.

Komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk terus melayani seluruh peserta dengan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah Daerah, Asosiasi Pekerja, Serikat Pekerja, Serikat Buruh, Kementerian/Lembaga, Perusahaan, dan Media. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Para penerima penghargaan ini telah melalui proses seleksi dan penilaian yang panjang. Para pemenang di tingkat daerah akan diperlombakan di tingkat nasional. Kategori penghargaan yang diperlombakan mencakup berbagai aspek implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan,”ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Bungo, H Safrudin Dwi Apriyanto menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bungo mengucapkan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas penghargaan yang diberikan.

Dikatakan Wabup, penghargaan tersebut, menjadi motivasi Pemerintah Kabupaten Bungo ke depan, dan terus berkomitmen mewujudkan kesejahteraan pekerja di Kabupaten Bungo.

” atas komitmen yang tinggi dalam melindungi para pekerja, baik di sektor formal maupun informal, setelah melalui seleksi yang cukup ketat, Pemerintah Kabupaten Bungo mendapat apresiasi berupa Paritrana award 2024 kategori Pemerintah Kabupaten/Kota,”ungkapnya.

Richard F Sabandar, Pps Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, berharap kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bungo dan Badan Penyelenggara Jamsostek semakin ditingkatkan, agar jangkauan perlindungan ketenagakerjaan semakin luas.

Hal itu sekaligus upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagai mana Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 Tahun 2021 dan Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

” Selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bungo atas penghargaan Paritrana Award tahun 2024, kami berharap atas prestasi ini dapat mewujudkan universal coverage Jamsostek bagi seluruh pekerja di wilayah kabupaten Bungo dengan kolaborasi posistif bersama,” tandasnya (Mnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *