Daerah  

Sosialisasi di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Dinas Ketapang Bungo Target 2023 DD 20 Persen Untuk Ketahanan Pangan Dapat Terealisasi.

Bmcnewss.com,Bungo-Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) kabupaten Bungo di bawah pimpinan Syofyan Ma’as SP gencar melaksanakan sosialisasi penggunaan dana desa minimal 20 persen untuk program ketahanan pangan dan hewani sesuai perpres 104 tahun 2021.

Dalam sambutannya Plt Dinas Ketapang Bungo sa’at sosialisasi di kecamatan Muko-muko Bathin VII, Selasa (02/08/22) mengatakan dengan sosialisasi ini, ditargetkan pada tahun 2023 pemerintah dusun (pemdus) sudah melaksanakan program ketahanan pangan.

“Sesuai dengan aturan presiden, pemerintah dusun diharapkan mengalokasikan DD minimal 20 persen dan program tersebut benar-benar di laksanakan oleh pemdus, minimal target yg harus di capai masuk ke musyawarah rencana dusun (Musrendus), yang direncanakan akan di bahas pada bulan Oktober November 2022 untuk kegiatan tahun 2023 nantinya” ujar Sofyan.

Sofyan Ma’as juga menambahkan dengan disalurkan alokasi 20 persen dari DD memiliki tujuan jangka panjang, dan dapat memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Bungo, apalagi dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia.

“Selain perubahan iklim, ancaman krisis pangan dunia merupakan hal yang harus dipersiapkan sedini mungkin, melalui anggaran 20 persen DD ini bisa dijadikan upaya dalam pencegahan stunting”pungkasnya.

Ia juga menyebutkan program ketahanan pangan itu harus disesuaikan dengan kebutuhan pada dusun masing-masing, baik pada bidang pertanian, maupun bidang lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan pangan.

“Ini harus sesuai semua dengan potensi dan permasalahan di dusun, makanya ada musrendus untuk menentukan, jenis dan kegiatan apa yang mau jadi pokok di dusun tersebut” terangnya lagi.

Hingga sa’at ini dari 17 kecamatan yang ada di kabupaten Bungo, Dinas Ketapang bersama instansi terkait sudah mensosialisasikan pengguna’an DD 20 persen, di lima kecamatan yakni kecamatan Pelepat Ilir,Pelepat, Bathin II Pelayang,Tanah Tumbuh,dan hari ini Muko muko Bathin VII.

“Target kita sosialisasi ini satu bulan sudah selesai, karna di setiap kecamatan ada agenda acara masing-masing, jadi kita mengikuti saja kapan kecamatan siap, barulah kita melaksanakan sosialisasi lagi” tutupnya.

Selain dihadiri instansi terkait (Bapedda Dinas TPH Dinas PMD, Dinas Peternakan Perikanan) hadir juga peserta sosialisasi terdiri dari Rio (kades),ketua TP PKK ketua BPD Kader pangan dan Perangkat desa jumlah 5 orang per Dusun dari 9 Dusun di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII.(Bnewss/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *