Daerah  

Seminar dan Pentas Seni P5 SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau Dihadiri Langsung Oleh Drs. Barlius, MM

BMC Newss, Agam-Kegiatan seminar sehari SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau dengan tema, (1). kebijakan dinas tentang pematangan pelaksanaan kurikulum merdeka dan penerapan permendikbud no.15 tahun 2018, (2). pola baru seleksi penerimaan mahasiswa PTN tahun 2023.

Seminar sehari SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau ini dilaksanakan tepatnya di aula SMAN 1 Tanjung raya, bertepatan pada hari ini kamis (26/1/23), yang mengedepankan kearifan lokal, kewirausahan, dan gaya hidup berkelanjutan.

Seminar sehari ini juga dihadiri langsung oleh kadis pendidikan provinsi Sumatera Barat Drs. Barlius, MM, dan wakil dekan pariwisata dan perhotelan UNP Dr. Yuliana, SP, MSi sebagai nara sumber seminar sehari SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau.

Selain itu, tampak hadir juga seluruh kepala sekolah SMA dan SMK yang ada di lingkungan pemerintahan kabupaten Agam, pengawas dan kacabdin wilayah l (satu) Kabupaten Agam-Bukit Tinggi, tenaga pendidik dan kependidikan, dan seluruh warga sekolah SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau.

Kegiatan seminar SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau ini juga menampilkan karya seni dan ketrampilan anak didik diantara nya, Duta wisata kabupaten Agam tahun 2022 yang diwakili oleh, Muhammad akbar razaq dan Radathul Izakti, karya seni membatik, hasil karya kewirausahaan pekyek rinuak, gaya hidup berkelanjutan diantaranya, pupuk organik dari sedimen danau maninjau, pembuatan jamur dan pengolahan hasil jamur, dan kesenian tradisional lainnya diantaranya, tampilan projek kearifan lokal dalam bentuk pasambahan manjapuik marapulai di nagari bayua, penampilan tambua tansa SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau, tari pasambahan dan tari kreasi, penampilan Band dari utusan masing-masing kelas, puisi dan hafiz qur’an, english club dalam bentuk story telling di SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau.

Kepala sekolah SMAN 1 Tanjung Raya-Maninjau, Zulkifli, S.Pd, M.Pd disela acara seminar tersebut menyampaikan, “selamat datang dan terima kasih banyak kepada kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat, yang sudah hadir di SMAN 1 Tanjung Raya, yang secara langsung mengasih arahan dalam acara seminar sehari SMN 1 Tanjung Raya-Maninjau ini, juga perlu kami sampaikan di SMAN 1 Tanjung Raya ini juga memiliki beberapa prestasi yang harus kami sampaikan, lomba penelitian media di tahun 2021 kemaren prestasi tingkat nasional, lomba prestasi bidang olahraga, menggelar pentas seni yang menampilkan berbagai macam ketrampilan, kesenian dan kearifan lokal, dan kami sudah memulai melaksanakan kurikulum merdeka dan kami datangkan berbagai nara sumber yang memiliki kemampuan dalam menggali tentang penerapan IKM disekolah, imbuhnya.

Drs. Barlius, MM kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat, menyampaikan, selamat datang kepada seluruh majelis guru dan kepala sekolah yang ada di lingkungan pemerintahan kabupaten Agam, “Berbicara mengenai masalah kurikulum merdeka dan sekolah kita sudah menuju menjadi sekolah penggerak dan beberapa sekolah masih menjadi sekolah mandiri, ketika kurikulum itu harus diganti sesuai dengan tantangan zaman sehingga kita harus bisa menjawab, pendidikan itu bukan instant akan tetapi menerapkan pendidikan sebagaimana yang ditetapkan oleh mentri pendidikan dengan mengedepankan kurikulum merdeka”, tentang kurikulum merdeka apa indikator berhasilnya kurikulum merdeka itu, ketika seseorang pergi kesekolah mereka, mereka merasakan nuansa kurikulum merdeka disekolah itu telah berhasil, indikator berhasil kurikulim merdeka disalah satu sekolah adalah disiplin dan nuansa berkarakter sekolah itu akan nampak dan akan terasa, ketika kita mulai memasuki lingkunga sekolah, dan untuk prestasi sekolah SMAN 1 Tanjung Raya ini luarbiasa, karena dunia pendidikan itu harus dekat dengan prestasi, ucapnya.(Hari)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *