Daerah  

RAT, Pemilihan Pengurus dan Badan Pengawasan KUD Karya Mukti Periode 2022-2024

BMC Newss, Bungo-Laporan pertanggung jawaban badan pegawas dan pengurus tahun buku 2021 KUD (Koperasi Unit Desa) Karya Mukti yang di selenggarakan tepatnya di halaman KUD karya mukti, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Sabtu (29/1/22) di setujui dan disahkan bersama oleh anggota KUD Karya Mukti.

Kegiatan rapat akhir tahun ini bertepatan dengan pemilihan Pengurus dan badan pengawas KUD Karya Mukti yang baru untuk tiga tahun kedepan, kegiatan RAT dan Proses pemilihan pengurus dan Badan pengawas ini dihadiri langsung oleh, pengurus, anggota dan badan pengawas, perangkat Dusun Karya Mukti, Unsur Muspika, Muspida dan anggota Kapolsek Pelepat, Babinkamtibmas, dan Babinsa kecamatan Pelepat ilir, kepala dinas Koperindagkop kabupaten Bungo dan kanwil koperasi UMKM provinsi Jambi.

Kegiatan rapat akhir tahun (RAT) KUD Karya Mukti tahun buku 2021 di setujui langsung oleh anggota, pengurus, dan pengawas, selain itu kegiatan RAT ini juga mendapat sorotan penting bagi kalangan masyarakat dalam pengembangan KUD dan Unit usaha di luar KUD dalam kerja sama langsung untuk pengembangan unit usahanya.

Dalam kegitan RAT tersebut KUD Karya Mukti juga tak lupa membacakan Rencana pengurus pada tahun 2022 dalam program-program penting yang akan di selenggarakan dalam pentingnya penjabaran rencana kerja di tengah-tengah anggota dan pengurus KUD Karya Mukti, sehingga terciptanya kinerja KUD kedepan nya lebih baik lagi, dan mengedepan kan KIP (Keterbukaan Informasi Publik).

Keterwakilan masyarakat dan juga anggota KUD Karya Mukti, A Wahid Y, beliau menyampaikan, “Ucapkan terima kasih banyak kepada pengurus lama yang sudah berupaya menjadikan KUD Karya Mukti ini menjadi lebih baik, sehingga KUD Karya Mukti ini, juga terus mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) setiap tahun nya”, ucapnya.

Dalam acara pemilihan Ketua KUD Karya Mukti tidak dilakukan poting dan masih bertahan dengan pengurus lama yang di dipimpin langsung oleh Riswanto sebagai Ketua, sekretaris Didik sugiarto, Bendahara Winarno dan masih berlanjut kepemimpinan Ketua dan anggota terpilih KUD Karya Mukti periode tahun 2022-2024. selain itu, untuk Badan Pengawas (BP) KUD Karya Mukti di lakukan poting dengan menampilkan empat orang calon diantaranya, (1) Harun Rosid sebanyak 14 suara, (2) Tukiran sebnyak 19 suara (3) Rio Vianto sebnyak 23 suara (4) Ismail Fahmi sebanyak 36 suara.

Diantara empat orang calon ketua Badan Pengawas (BP) yang terpilih menjadi ketua Badan pengawas dan suara terbanyak yaitu, Ismail Fahmi sebagai ketua BP dan anggota (l) Rio Vianto, anggota (ll) Tukiran untuk periode jabatan tahun 2022-2024 mendatang.

Ketika di konfirmasi ketua panitia penyelenggara kegiatan dan pemilihan pengurus dan Badan Pengawas KUD Karya Mukti, Muhadi SPd, beliau menyampaikan, “Kami dari pihak panitia RAT tahun buku 2021 dengan terpilihnya pengurus baru, berharap di era kepemimpinan pak Riswanto dan segenap pengurus lainnya, membawa kemajuan KUD Karya Mukti lebih sejahtera lagi dan meningkat anggotanya dan sisa hasil usaha meningkat dari tahun sebelumnya, sehingga anggota masih memberi kepercayaan penuh kepada pengurus yang lama”, ucapnya.

Rangkaian acara selanjutnya di lanjutkan dengan pengundian kupon, dan penyerahan DoorPrize terhadap masyarakat, berupa alat-alat pertanian (gerobak dorong, tenki semprot, pupuk, agrek dan beberapa jenis herbisida sesuai kemasan yang ada).

Ketika di konfirmasi ketua KUD Karya Mukti terpilih periode 2022-2024 Riswanto menyampikan, “Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan anggota terhadap kepengurusan KUD, untuk kedepannya tatangan sangat lah berat, diantaranya pengembangan koperasi dan persaingan bisnis yang mengacu pada persaingan pasar bebas, peningkatan SDM menjadi tujuan dari pengurus untuk meningkatkan kualitas pengelolaan koperasi ini sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi yang merupakan tolak ukur keberhasilan koperasi, mempertahankan lebih sulit di butuhkan sinergi dan kerjasma kepada para pihak demi terselenggaranya pelayanan kegiatan perekonomian khususnya anggota KUD dan masyarakat kuamang kuning pada umumnya”,ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, ucapan terima kasih kepada anggota yang telah berperan aktif dalam pengembangan koperasi dan memahami makna jati diri koperasi (dari, oleh, untuk) anggota. kepada pemerintah melalui kanwil koperasi UMKM Provinsi Jambi, pemerintah kabupaten Bungo melalui kepala dinas Koperindagkop dan jajaran pemerintah kecamatan pelepat ilir dan perangkat desa Karya Harapan Mukti, sehingga bisa terjalin kerjasama yang baik antara lembaga badan usaha koperasi dengan pemerintah daerah setempat, ditambahkannya lagi, bahwa kegiatan ini dengan jadwal selain RAT juga ada kegiatan gebyar undian berhadiah salah satu apresiasi pengurus untuk anggota dan nasabah yang telah menabung dan menyimpan dananya di koperasi”, tutupnya. (Hari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *