Daerah  

Perdana SMAN 3 Lubuk Basung Terapkan Sistem E Voting Dalam Pemilihan Ketua Osis Periode 2023-2024

Bmcnewss-Agam. SMAN 3 Lubuk Basung perdana adakan pemilihan Ketua OSIS periode 2023/2024 melalui sistem E-Voting.

Sistem E-Voting yang dilakukan dengan media IT Komputer sekolah ini diikuti oleh 318 orang calon ketua OSIS yang telah lolos seleksi awal, Senin (2/10).

Suherman, S.Pd selaku Wakil Kesiswaan menyampaikan bahwa proses pemilihan tersebut berlangsung selama dua jam yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan ditutup pada jam 11.00 WIB menggunakan 3 unit komputer sekolah yang digelar di halaman sekolah.

Setelah pemilihan hasil rekapitulasi suara langsung dicetak (print out)”, Ujar Suherman.

Lebih lanjut Suherman menjelaskan pasangan calon nomor urut 2 Ridho Tri Fahrezi-Melischa Citra Laila meraup suara 264 suara (89,5%), sementara Pasagan Calon Nomor Urut 1  Sweetke Yonesti-M. Zhafran Kamil memperoleh 31 suara (10,5 %). Dan berdasarkan Rapat Penetapan Hasil Pemilihan maka ditetapkan pasangan Calon Nomor 2, Ridho Tri Fahrezi-Melischa Citra Laila sebagai Ketua-Wakil Ketua OSIS SMAN 3 Lubuk Basung Periode 2023/2024.

Ditambahkannya, sebelumnya dua pasang calon Ketua/Wakil Ketua OSIS yakni Sweetke Yonesti-M. Zhafran Kamil Nomor Urut 1 dan pasangan Ridho Tri Fahrezi – Melischa Citra Laila Calon Nomor Urut 2 rebut simpati 318 pemilih melalui penyampaian Visi Misi dan Program Kerja masing-masing dalam Kampanye Terbuka yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Siti Manggopoh.

Kedua pasangan Calon Ketua/Wakil Ketua OSIS tersebut tampil sangat mengagumkan dan secara apik menjelaskan program kerja masing-masing jika mendapat mandat sebagai Ketua OSIS SMAN 3 Lubuk Basung. Mereka selaku generasi emas Indonesia dalam orasinya memberikan optimisme pentingnya ilmu kepemimpinan dan belajar menjadi pemimpin melalui wadah organisasi resmi kesiswaan di SMAN 3 Lubuk Basung yaitu OSIS, dan akan bekerja keras mewujudkan visi misi dan program kerjanya.

“Alhamdulillah, inovasi terus dilakukan, satu per satu program Pemanfaatan media IT dalam Inovasi GasPOL (Gunakan semua potensi sumberdaya Online) terus berjalan. Sekarang untuk pertama kalinya pemilihan Ketua OSIS di SMAN 3 Lubuk Basung Periode 2023-2024 dilaksanakan dengan sistem e-Voting (semi daring) menggunakan aplikasi,” Jelasnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan wakil kesiswaan tersebut kepada Guru TIK, Novia Yolanda, S.Pd yang tanpa kenal lelah mendampingi Panitia Pemilihan OSIS menyiapkan aplikasi e-voting, sehingga kegiatan berjalan lancar dengan baik”, tambahnya.

Yusneli, S.Pd dan Mardawati, S.Pd selaku pembina OSIS menjelaskan bahwa dalam proses Pemilihan Ketua OSIS ini, sepenuhnya disiapkan oleh MPK mulai dari tahap musyawarah penjaringan, pemberkasan, sampai penetapan pasangan calon. Anggota MPK terdiri dari Hera Pratiwi (Ketua OSIS lama),Hadid Jondra, Melysa Aftasia, dan Naila. Sementara Panitia Pelaksana Pemilihan adalah Armi Yosi, Syifa Nur Ramadhani, Rahmat Fajri, Asril Sumbara Tanjung, Nabila, Rachel Ananda Febrian dan Asti.

“Sistem Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2023-2024 ini, dilaksanakan melalui e-voting atau berbasis IT, dan ini perdana dilakukan di SMAN 3 Lubuk Basung,” ulas Yusneli, S.Pd.

Pemilihan ketua OSIS menggunakan sistem e-Voting ini merupakan bagian dari inovasi Program GasPOL yang dicanangkan oleh Kepala Sekolah. “Kita memaksimalkan semua potensi sumber daya online yang ada di SMAN 3 Lubuk Basung, sehingga proses pemilihan berlangsung secara Demokratis, Luber dan Jurdil”, tambah Yusneli.

Kepala Sekolah Hilda Sridewita, SE, M.Pd.E mengungkapkan, “Alhamdulillah GasPOL sudah menjadi bagian inovasi di SMAN 3 Lubuk Basung pada semua tingkat tatanan manajemen sekolah, dan sangat disambut postif oleh semua warga sekolah,” tutur Hilda.

“Jadi kolaborasi Pembina  OSIS, MPK, dan Panitia Pemilihan Ketua OSIS dalam mempersiapkan penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat siswa di sekolah kita ini adalah bukti bahwa potensi sumberdaya yang ada bisa menggerakkan dan bergerak serentak dalam Program GasPOL,” Jelas Hilda Sridewita yang didampingi Wakil Kurikulum/Humas Rahman, S.Pd dan Wakil Kesiswaan Suherman, S.Pd.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua unsur pimpinan, majelis guru dan pegawai serta MPK SMAN 3 dan terkhusus terima kasih kami kepada siswa kami Pengurus OSIS yang lama atas semua dedikasi dan kerja kerasnya dalam rangka memajukan OSIS dan SMAN 3 Lubuk Basung,”  terang Hilda.

Sementara itu, Salsa, salah satu siswa kelas XII IPA yang dimintai tanggapannya mengenai sistem E-Voting dalam pemilihan Ketua OSIS ini, menyatakan bahwa pemilihan dengan sistem tersebut bagus, tertib dan sangat menyenangkan”, Ungkapnya.

Dilain tempat, Ridho Tri Fahrezi siswa Kelas XI IPS yang mendapat suara terbanyak sebagai Ketua OSIS terpilih dan Melischa Citra Laila siswa Kelas X Fase E sebagai wakil Ketua OSIS terpilih menyatakan bahwa sistem e-voting yang digunakan saat ini sangat menarik dan bagus untuk diterapkan untuk masa yang akan datang. “Sangat bagus, menarik dan ini baru pertama kali saya ikut dengan sistem e-voting ini,” tuturnya dengan wajah gembira.

“Sebagai ketua terpilih, insya Allah saya dan semua jajaran pengurus yang baru akan bekerja keras untuk memajukan OSIS SMAN 3 Lubuk Basung kedepan,” Ucapnya dengan semangat. (Hari/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *