Daerah  

Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si Apresiasi Program Digitalisasi SMAN 3 Lubuk Basung

BMC Newss, Lubuk Basung-Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 (satu), Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si apresiasi program digitalisasi yang dirancang oleh SMA Negeri 3 Lubuk Basung saat mengujungi sekolah tersebut selasa (3/10/23), tepatnya dinagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Dalam diskusi dengan Kepala Sekolah Hilda Sridewita, S.E, M.Pd.E didampingi unsur pimpinan Suherman, S.Pd, Rahman, S.Pd dan Koordinator TU Mira Eka Marsusi, S.PdI,Gr Kacabdin merespon positif dan memberikan apresiasi atas segala usaha yang telah dilaksanakan oleh keluarga besar SMAN 3 Lubuk Basung, dan berharap agar inovasi dan proses digitalisasi yang telah dilaksanakan terus ditingkatkan dalam setiap kegiatan sekolah apapun bentuknya.

“Program digitalisasi ini sangat luar biasa, dan harus terus ditingkatkan sehingga betul-betul berdampak bagi kemajuan sekolah kedepan, dan diharapkan memberi warna positif bagi lingkungan masyarakat,” jelasnya saat diskusi dengan semua unsur pimpinan SMAN 3 Lubuk Basung.

Sementara Hilda Sridewita, SE, M.Pd,E menjelaskan bahwa secara bertahap tim GasPol (Gali Habis semua sumberdaya Potensi Online) terus menata semua sistem manajemen sekolah berbasis IT dengan melibatkan semua stakeholder, baik warga sekolah maupun pihak-pihak lain seperti Lembaga Pemerintahan Nagari Manggopoh (Ninik Mamak KAN, Bamus dan Pemerintah Nagari), Alumni dan pihak swasta lainnya (perusahaan)  untuk berkolaborasi positif dalam meningkatkan mutu dan layanan bagi peserta didik di SMAN 3 Lubuk Basung.

“Alhamdulillah, beberapa bentuk kegiatan sekolah sebagai bagian dari digitalisasi manajemen sekolah, memanfaatkan IT (Ilmu Teknologi) telah kita laksanakan dan berjalan dengan sukses seperti Penilaian Tengah Semester Ganjil berbasis online dan kemaren Senin (02/10/23) dilaksanakan pemilihan ketua OSIS Periode 2023-2024 menggunakan sistem e-Voting, dan Alhamdulillah siswa sangat antusias mengikutinya,” Jelas Hilda disela-sela diskusi dengan Kacabdin.

Ditambahkan Hilda, saat ini semua bentuk tagihan tugas guru, perangkat pembelajaran dan hasil asessmen peserta didik  didorong sepenuhnya berbasis IT, sehingga mudah dipantau, cepat dan dapat menghemat anggaran sekolah sebab berbasis non kertas, dan anggaran yang ada dapat dimanfaatkan untuk program peningkatan mutu sekolah.

Seiring dengan telah mulai aktifnya website perpustakaan digital SMAN 3 Lubuk Basung dan website sekolah, maka hal ini secara langsung akan mendorong percepatan program digitalisasi manajemen sekolah. Segala bentuk informasi sekolah, SOP atau regulasi semua kegiatan disekolah akan ditampilkan dalam barcode yang tersebar hampir disemua area lingkungan sekolah dan dengan mudah dapat diakses oleh semua warga sekolah dan masyarakat.

“Insya Allah semuanya secara bertahap akan kami siapkan bersama TIM  IT sekolah, dan kita targetkan mulai Oktober ini sampai awal Semester Genap tahun 2024 satu per satu dapat terealisasi, dan sudah dinikmati oleh semua warga sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat luas,”jelas Rahman, SPd sebagai wakil Humas/Kurikulum SMAN 3 Lubuk Basung.

Kacabdin Willia Zuwerni, S.Pd, M.Si berpesan agar semangat dan kekompakan serta soliditas antar sesama warga sekolah yang ada saat ini terus dipertahankan dan diperkuat, terus bangun kolaborasi dengan semua pihak agar berbagai program percepatan dan inovasi digitalisasi yang telah dilakukan dan yang tengah berproses saat ini dapat dinikmati semua warga sekolah dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut  Ibuk Will panggilan akrab Kacabdin Wilayah I yang  ramah dan  mudah senyum namun tegas ini, ikut meninjau pembangunan tempat parkir siswa dan perpustakaan digital SMAN 3 Lubuk Basung, didampingi unsur pimpinan sekolah sambil memantau lingkungan sekolah. Kacabdin juga menyambangi ruang BK, Ruang Tata Usaha, Labor TIK, Ruang Pustaka Digital dan Kantor Majelis guru serta berdialog langsung dengan guru dan pegawai Tata Usaha.

“Insya Allah semua sumber daya dan potensi/sapras pendukung program digitalisasi manajemen sekolah menjadi prioritas dari perencanaan dan pengadaan Sapras sekolah,” ungkap Suherman Wakil Sapras saat media ikut meninjau lokasi lingkungan sekolah.
Berdasarkan pantauan media, lingkungan SMAN 3 Lubuk Basung  tertata sangat bersih dan rapi, dan indah sehingga menimbulkan kenyamanan dan kesan tersendiri bagi siapapun yang datang ke sekolah ini. (Hari/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *