Saluran irigasi Petani tak berfungsi, ini harapan Rio Sungai Gambir

Makalam news, Bungo-Petani Dusun Sungai Gambir Kecamatan Tanah sepenggal kembali mengusulkan perbaikan saluran irigasi batang uleh di kawasan persawahan petani setempat, pasalnya, selama ini Dam batang uleh tidak berfungsi karna saluran tersebut rusak atau jebol, sehingga tidak mampu mengairi sawah petani di Dusun Sei Gambir.

Taufik Rahman Rio (Kades) Sungai gambir mengatakan, pihaknya sudah berulang kali mengusulkan Perbaikan atau pembenahanan saluran irigasi yang rusak tersebut kepada Pemerintah, namun di sayangkan sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Pemkab Bungo dan Pemprov untuk membenahi nya, padahal di sebutkan Taufik, saat ini Warga sangat bergairah untuk bertani mengingat harga karet sangat Anjlok.

” Saya sudah beberapa kali mengusulkan untuk pembenahan saluran irigasi itu, baik kepada pak Bupati maupun pak Gubernur, tapi sampai sekarang belum juga di perbaiki, saya juga tidak tau apa kendalanya.”ujar Taufik kepada makalam News Sabtu (23/02/2018)

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan bahwa saat ini Petani Dusun sungai gambir hanya bisa melaksanakan tanam serentak sekali dalam satu tahun, padahal jika saluran irigasi tersebut bagus, maka bisa di laksanakan 2 hingga 3 kali dalam satu tahun.

” Petani terpaksa menunggu musim hujan untuk bertanam padi, karna hujan akan mengairi sawah petani, dengan begitu sedikit sekali padi yang terancam gagal panen ” Tambahnya lagi.

Dalam hal ini, Taufik juga mengajukan usulan Pembenahan Dam telentam ke Pemerintah Kabupaten Bungo, Dam telentam tersebut di perkiraan cukup untuk mengairi 230 hektar sawah warga Sungai Gambir.

” Jika saluran irigasi batang uleh tidak memungkinkan, saya harapkan Pemerintah untuk membenahi Dam telentam, saya yakin Saluran air dari dam telentam di perkiraan cukup untuk mengairi 230 hektar sawah Petani sungai gambir, dan tanam serentak pun bisa di lakukan 2 hingga 3 kali dalam satu tahun ” Harapnya

Reporter : Nine Sylvia

Silahkan Komentar Berita nya





















>