Penggunaan Dana BOS SD Negeri 93 Koto Rayo Langgar Asas Transparansi

Makalamnews.com, Merangin– Terkait penggunaan dana biaya Operasional Sekolah (BOS) SD Negeri 93 Desa Koto Rayo, Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin diduga penyerapan dana BOS tidak transparan.

Mengacu kepada UU No. 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik, “pengelolaan dan penggunanaan dana yang bersumber dari APBN dan APBD mengelolah APBN dan APBD wajib untuk diketahui oleh publik”, sehingga diduga Kepsek SD 93 Koto Rayo tidak taat asas transparansi.

Herannya papan transparansi disimpan dalam ruangan, sulit untuk diketahui publik. Diduga Kepsek SD Negeri 93 Koto Rayo Kecamatan Tabir, menyalahgunakan jabatan, terkait penggunaan dan penyerapan dana BOS yang tidak jelas dan transparan.

Saat awak media mengunjungi SD Negeri 93 Koto Rayo untuk konfirmasi terkait penggunaan dana BOS yang dikelola Damrat S.Pd sebagai kepala sekolah.

Dalam keterangannya kepada awak media, Damrat, menjelaskan, terkait papan informasi penggunaaan dana BOS di akuinya belum diperbarui karena baru-baru ini saya sibuk banyak kegiatan, ditambahkan olehnya, Saya ini bingung bang padahal Inspektorat dan Dinas Pendidikan berpesan pada saya, agar tidak boleh terbuka pada media tentang kegunaan dana Boss.

Ya saya juga bingung dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin Belum pencairan dana BOS saja misalnya mereka sudah minta setoran terlebih dahulu kepada saya ujarnya agak tegang.

Sementara, papan informasi penggunaan dana BOS, wajib disediakan oleh pihak sekolah agar publik dapat mengakses dan mengetahui peruntukkan dana tersebut, apakah sudah sesuai juklak dan juknis penggunanaanya.(Mnews)

Reporter: Bayhaki
Editor:Riana Kameysa

Silahkan Komentar Berita nya