Kukuhkan Forikan Bungo,Bupati Hamas Ajak Kampanye Gemar Makan Ikan

Makalamnews.com, Bungo- Bupati Bungo H Mashuri secara resmi mengukuhkan kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kabupaten bungo, yang dilaksanakan di gedung Dharmawanita, kamis (22/8/2019).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan GEMARIKAN (Gerakan Makan Ikan) secara resmi sudah menjadi Agenda Nasional sejak tahun 2004, dengan tujuan untuk memasyarakatkan dalam mengkonsumsi ikan sejak dini. Makanan ini dipercaya mampu memberikan kita hidup yang lebih sehat dan cerdas.

” Salah satu upaya melalui Gemarikan, pelaksanaan program pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) untuk meraih tujuan utama yaitu meningkatkan konsumsi ikan nasional untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas,” Papar Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo Syaiful azhar menerangkan untuk kosumsi ikan secara statistik di kabupaten Bungo masih sangat rendah di bandingkan kabupaten Bungo lain di Propinsi Jambi.

” Dari Survey yang dilakukan oleh Susenas BPS menunjukkanbahwa tingkat Konsumsi Nasional Tahun 2018 sebesar 50 kg/kap/tahun, sedangkan di Kabupaten Bungo, tingkat konsumsi ikan masih di bawah rata-rata nasional yaitu baru 27kg/kap/tahun. Hal ini bisa jadi alat pemicu bagi kita untuk lebih membiasakan makan ikan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi anak-anak kita sehingga menjadi anak yang sehat, cerdas dan kuat,” Terang Syaiful.

Syaiful mengharapkan dengan di kukuhkannya Forikan Kabupaten Bungo ini mempunyai peranan penting untuk mengkampanyekan menggalakan makan ikan di tengah masyarakat.

” Selain intansi terkait, Forikan juga mempunyai peranan penting untuk mengkampanyekan gemar makan ikan di tengah masyarakat ” Harapnya.

Selain pengukuhan, Kegiatan tersebut juga menggelar lomba masak serba ikan yang di ikuti seluruh kecamatan di kabupaten Bungo, Tampak berbagai macam menu serba ikan disajikan untuk penilaian dewan juri.

Tampak hadir, Ketua FORIKAN Kabupaten bungo Hj verawaty mashuri, Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Ketua Forikan Provinsi Jambi, Kepala BPOM Provinsi Jambi, Kepala Disnakkan Kabupaten Bungo, para Kepala OPD, Ketua GOW, Ketua DWP Kabupaten Bungo serta tamu undangan lainnya.( MNews)

Reporter : Didik Pranata
Editor : Riana Kamesya

Silahkan Komentar Berita nya