Banyak Siswa Buta Baca Al-Qur’an, Wabup Apri : Ini Tugas Kita Bersama

Makalamnews. com, Bungo-Wakil Bupati Bungo, H. Safrudin Dwi Apriyanto menyebut banyak siswa SMP dan SMA di Kabupaten Bungo tidak bisa baca Al-Qur’an. Ia mengaku sangat khawatir atas kondisi ini.

Hal itu disampaikan Wabup Apri pada Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-6 tingkat Kecamatan Bathin III, Jum’at (21/06/2019) malam.

“Beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo turun melakukan pendataan, hasilnya ternyata banyak siswa SMP dan SMA di Bungo tidak bisa baca Al-Qur’an. Ini sangat mengkhawatirkan,” tutur Wabup Apri saat menyampaikan sambutan.

Menurut Wabup Apri, orang tua memiliki peran paling besar dalam mengatasi buta baca Al-Qur’an anak-anaknya. Hal ini juga menjadi PR pemerintah dalam mengentaskan buta baca Al-Quran.

Wabup mengatakan, hal ini salah satunya diakibatkan perubahan pada masyarakat. Terutama dampak negatif dari kemajuan teknologi yang menggerus nilai-nilai keagamaan ditengah masyarakat. “Upaya yang kita lakukan tidak lain adalah memperkokoh mental spritual. Kita jangan hanya bangga maju dalam pembangunan fisik saja, tapi kita lupa membangun dibidang spiritual,” kata Wabup.

Lewat ajang MTQ, Wabup berharap nantinya mampu menciptakan generasi-generasi berjiwa Qur’ani. Mempelajari dan mempedomani Al-Qur’an sebagai panduan hidup.

“Mudah-mudahan acara ini mendorong kita semua, khususnya orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anak agar bisa baca Al-Qur’an,” harap Wabup.

Pemerintah Kabupaten dikatakan Wabup, akan terus berupaya dan mengambil langkah dalam mendukung kegiatan keagaamaan. Ia menilai, pola pendidikan agama harus ditingkatkan. Dengan cara memperbanyak tempat-tempat mengaji.
Seperti madrasah sore, pengajian antara magrib isya, taman pendidikan Al-Qur’an hingga Mushola dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal ini.

MTQ ke-6 tingkat Kecamatan Bathin III dipusatkan di Dusun Sarana Jaya, dibuka secara resmi oleh Camat Bathin III, Asri ditandai pemukulan bedug.

Selain Wabup acara ini dihadiri unsur Forkopimda, para Kabag, Kepala OPD, Camat, unsur Forkopimca, para Rio/Kades, Lurah, 226 Kafilah serta masyarakat Bathin III yang sangat antusias menyaksikan pembukaan ini.(MNews/Ana)

Silahkan Komentar Berita nya